Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Jumat, 23 November 2012

Rahasia dibalik kipas angin


Semua telah tau tentang apa itu kipas angin, fungsi, dan lain-lainnya.
Saat hawa panas, kita akan menyalakan kipas angin dengan tujuan untuk membantu mendinginkan dan menyejukkan badan. Namun sesungguhnya apakah kipas angin dapat mendinginkan ruangan seperti AC? Dalam hal ini kita sering salah mengira bahwa dengan menyalakan kipas angin, udara panas akan berganti dengan udara yang lebih dingin. Padahal bila kita mengukur suhu ruangan itu, sebelum kipas angin dinyalakan dan setelah kipas angin menyala ternyata suhu ruangan tetaplah sama. Kipas angin tidak dapat menurunkan suhu ruangan tetapi hanya menggerakkan (sirkulasi) udara sehingga seolah-olah suhu ruangan menjadi lebih dingin. Kipas angin yang ada di pasaran mempunyai bermacam-macam model dan semuanya mempunyai kegunaan yang sama untuk menggerakkan udara (sirkulasi udara), sebagai penyegar udara, dan ventilasi (exhaust fan).

Dalam ruangan maupun di luar ruangan, tubuh manusia mengeluarkan energi panas kira-kira 100 watt. Jika tidak ada angin, panas ini membentuk sebuah lapisan hangat tipis diatas kulit. Hal inilah yang membuat gerah, dengan adanya aliran udara yang bergerak dari kipas angin disekitar tubuh sehingga lapisan panas itu terangkat dan menggantinya dengan lapisan udara yang dingin. Jadi secara teknis, kipas angin tidak mendinginkan ruangan. Kipas angin dapat menjadi solusi untuk "mendinginkan" di ruangan yang sirkulasi udaranya bagus. Kipas angin tidak mendinginkan tetapi memberi sensasi dingin.

Pemakaian kipas angin berlebihan ternyata berakibat tidak baik bagi kesehatan. Suasana dingin di sekitar tubuh yang ditimbulkannya akan membuat suhu di sekitar tubuh menurun yang selanjutnya akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang mengalir ke kulit dan jaringan sekitarnya. Saat tubuh panas, kelenjar keringat membantu mendinginkan tubuh dengan cara mengeluarkan keringat. Keringat yang membasahi tubuh akan membuat permukaan kulit basah dan jika cairan di permukaan kulit menguap maka akan terasa sejuk.

Pada pemakaian kipas angin, hal penting yang harus diperhatikan adalah mengenai kebersihan, baik kebersihan ruangan maupun kebersihan alatnya. Jangan biarkan kipas angin kotor terutama pada bagian kipas, bersihkanlah secara teratur baling-baling kipas dari debu yang menempel dengan kain basah kemudian dikeringkan. Tidak lupa juga untuk membersihkan semua perabot di ruangan secara teratur dari debu agar tidak mengganggu kesehatan.

Hal lain yang harus diperhatikan bila menyalakan kipas angin yaitu, jendela dan pintu dalam ruangan harus dibuka agar terjadi pergantian udara dalam ruangan tersebut. Jangan memasang kipas angin pada ruangan tertutup karena udara panas hanya berputar-putar dalam ruangan. Selain itu mesin kipas angin juga mengeluarkan panas, sehingga makin panaslah ruangan tersebut, terlebih bila dalam ruangan tersebut terdapat banyak orang.
Nyalakan kipas angin sesuai kebutuhan, jangan menyalakan kipas angin dalam ruangan kosong. Segera matikan bila tidak diperlukan. Kemudian bila menyalakan kipas angin aturlah pada putaran paling rendah atau sedang. Putaran cepat berarti kipas angin membutuhkan tenaga lebih besar yang berarti penggunaan listrik lebih banyak dan terjadi pemborosan energi juga berakibat pembayaran listrik jadi membengkak. Gunakan timer pada kipas angin (bila ada) dan sebaiknya atur waktunya sesuai kebutuhan. Bagi yang ingin mencari kipas angin dengan harga terjangkau dan kualitas yang bagus, anda dapat mencarinya di Oden Houseware

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

2 komentar: