Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Kamis, 27 Desember 2012

Macam-macam kompor gas

Kompor gas merupakan salah satu perangkat dapur untuk memasak, yang sangat penting peranannya. Kita tidak ingin direpotkan oleh berbagai peralatan dapur yang tidak praktis dan bermasalah bukan? Begitu juga dengan kompor gas. Di samping praktis, kita juga harus memperhatikan unsur keamanan dari peralatan tersebut.

Sebelum memilih jenis kompor gas tertentu, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui jenis kompor beserta kelebihan dan kekurangannya. Pasangan yang cocok dengan kompor gas adalah cooker hood. Alat ini berguna sebagai sirkulasi udara.
Sebenarnya cooker hood tidak mutlak ada di dapur. Tetapi bila sirkulasi udara di dapur kurang baik, maka cooker hood ini sangat diperlukan. Ada dua jenis penyaringan pada cooker hood. Pertama, dengan sistem recycle yang mengolah kembali udara yang kotor sampai bersih. Sistem kedua adalah ventilasi, dengan cara kerja membuang langsung udara kotor yang terhisap tanpa diserap dulu. Buat anda yang sedang mencari beragam kompor gas, anda dapat mencarinya di Oden Houseware.

 Jenis-jenis Kompor Gas

  • Kompor gas tanam

    Secara desain, kompor gas ini lebih menarik dibanding kompor gas biasa. Disebut kompor gas tanam karena kompor ini dapat diletakkan pada cabinet kitchen set dan tak terlihat.
Bahan pansupport kompor adalah enamel (pelapis baja). Keunggulan bahan enamel selain membuat desain kompor gas menjadi lebih elegan, bahan ini tahan gores dan tahan beban berat.
Pada pelapis atas kompor terdapat kaca schott yang mirip dengan kaca mobil. Jadi, bila terkena benda tajam pecahannya tidak berhamburan. Selain itu, kaca ini mampu menahan berat hingga 50 kg.
  • Kompor gas portable

    Kompor gas jenis ini pasti mudah ditemukan di rumah-rumah. Selain bentuknya yang sederhana, harganya juga lebih murah dibanding kompor tanam dan mudah dibawa kemana-mana.
Kompor gas jenis ini tidak kalah menarik dengan kompor gas tanam. Seperti kompor gas portable keluaran rinnai yang memiliki alarm waktu. Jadi dapat disetel pada waktu tertentu dan bila waktunya habis, maka akan berdering. Kompor ini baik untuk mencegah kebakaran.

Perawatan Kompor Gas

  • Bersihkan segera sisa-sisa bahan masakan seusai memasak
  • Jangan membersihkan kompor gas dengan sikat berbulu kasar karena akan merusak lapisan kompor.
  • Cek selalu kondisi kompor gas mulai dari pemantik, burner, baterai kompor, pipa gas, sampai tabung gasnya.
  • Ingat umur ekonomis dari burner, umumnya akan menciut setelah dua tahun.

 Jenis Api Kompor Gas
Ada beberapa jenis api pada kompor gas. Burner komporlah yang menyebabkan bentuk api jadi bermacam-macam. Bentuk api ini yang mempengaruhi cepat lambatnya proses memasak.
  • Api klasik
Jenis api ini merupakan api standar pada kompor gas. Bentuk burnernya melingkar rata tanpa gerigi. Api ini cocok digunakan untuk memasak semua jenis masakan.
  • Api innerflamApi ini seakan-akan ingin menyembul dalam burner dan terpusat di tengah. Begitu api terkena peralatan masak, maka panas akan menyebar dari titik pusat api. Cocok untuk memasak aneka jenis masakan
  • Api lilinApi ini nyalanya seperti lilin dan panasnya tidak menyebar dengan cepat. Api ini sangat cocok untuk sekadar memanaskan makanan atau memasak air.
  • Api tornadoApi ini besar dan kuat karena bentuk burnernya yang bulat dan bergerigi. Api ini sangat cocok bila ingin memasak dengan cepat dan membutuhkan panas yang tinggi.

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 komentar:

Posting Komentar