Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Sabtu, 19 Januari 2013

Sodet untuk nasi goreng


Saya yakin banyak dari anda yang udah tahu apa saja peralatan yang dipakai untuk bikin nasi goreng. Tetapi ada juga yang mungkin belum tahu. Nah, berikut ini beberapa alat yang biasa dipakai untuk bikin nasi goreng untuk memulai usaha catering atau jualan khusus nasi goreng.
Penggorengan, wajan atau katel
Penggorengan adalah alat untuk menggoreng makanan yang sering disebut dengan wajan. Saya gak tahu persis kenapa orang menyebutnya wajan. Apakah karena bahannya terbuat dari waja atau baja? Mungkin iya. Sedangkan orang sunda menyebutnya katel. Jadi penggorengan ini berfungsi sebagai tempat nasi ditempatkan selama proses memasak. Orang Inggeris bilang Chinese Wok, karena mungkin penggorangan ini sering digunakan oleh orang Cina untuk memasak berbagai jenis masakan mereka.
Sodet atau pengaduk
Sodet [sodet, susruk atau pengaduk] fungsinya untuk mengaduk-aduk nasi sewaktu proses memasak nasi goreng berlangsung agar tidak hangus. Bayangkan saja, bagaimana kalau masak nasi goreng tidak menggunakan sodetan, bisa gosong tuh nasi goreng. hehe

Kompor, tunggku sebagai sumber panas

Kompor adalah sumber panas atau api yang bisa digunakan bukan saja untuk memasak nasi goreng tetapi untuk semua jenis makanan. Banyak jenis kompor yang bisa digunakan untuk masak nasi goreng seperti kompor gas, kompor minyak, kompur listrik atau tungku. Apapun jenis kompor yang digunakan yang penting ianya menjadi sumber api atau panas. Nah itu saja, gampang kan?
Ketiga peralatan tersebut di atas adalah peralatan utama dan tradisional yang sering digunakan untuk masak nasi goreng. Karena jaman semakin maju, kini peralatan bikin nasi goreng sudah banyak yang menggunakan mesin. Baca Masak Nasi Goreng Dengan Mesin yang pernah saya tulis beberapa waktu yang lalu. Peralatan bikin nasi goreng dengan mesin cocok digunakan untuk bisnis nasi goreng partai besar seperti catering yang melayani perusahaan besar dan pabrik-pabrik. Tetapi jika untuk usaha catering nasi goreng kecil-kecilan dan menengah, cukup menggunakan peralatan tradisional karena tidak memerlukan investasi tinggi.
Oden Houseware

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 komentar:

Posting Komentar