Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Kamis, 21 Februari 2013

Merawat Sapu menjadikan rumah bersih

Kebersihan rumah adalah hal yang sangat penting, rumah yang bersih akan membuat orang-orang yang tinggal di dalamnya merasa nyaman dan jauh dari penyakit. Sapu adalah salah satu alat kebersihan rumah yang harus dimiliki. Setiap sudut rumah harus selalu terlihat bersih. Debu adalah kotoran yang tidak mungkin dapat dihindari di setiap rumah, karena itu perabotan rumah harus dibersihkan setiap hari.


 Kebersihan rumah juga dilihat dari saluran pembuangannya. Apakah rumah tersebut memiliki saluran pembuangan yang baik dan lancar sampai ke selokan? Jika tersumbat ini akan membuat banyak penyakit berkembang, seperti jentik nyamuk dan lain sebagainya. Selain itu, rumah yang sehat juga dilihat dari ventilasi udara, bersihkan ventilasi udara yang kotor, sehingga udara yang masuk ke rumah adalah udara yang bersih. Jika memungkinkan, pasanglah saringan udara di ventilasi udara anda. Merawat alat-alat kebersihan adalah salah satu cara merawat rumah anda agar selalu bersih, karena itu anda harus bisa merawat alat-alat kebersihan dengan baik.

Berbagai jenis sapu dan cara merawatnya

Ada banyak sekali jenis sapu, ada sapu ijuk, sapu lidi, dan sapu langit-langit. Jenis sapu dipilih sesuai fungsinya, sapu ijuk biasa digunakan untuk menyapu dalam rumah. Sapu ijuk memiliki serat-serat yang berbeda, ada yang terbuat dari sabut kelapa, plastik, dan lain sebagainya. Pilihlah sapu ijuk yang lembut dan ringan agar mudah digunakan. Cara merawat sapu jenis ini cukup di rendam dengan deterjen dan injak-injak bagian seratnya, setelah bersih, jemur dengan posisi terbalik.

Sapu jenis kedua adalah Sapu lidi. Sapu lidi biasanya digunakan untuk menyapu halaman atau membersihkan atau biasa disebut“mengosrek” permukaan yang kasar seperti menyapu genangan air di depan rumah. Sapu ini terbuat dari batang daun kelapa yang dibersihkan daunnya. Sapu ini biasanya ada yang memiliki batang ada yang tidak. Jika anda tidak ingin menyapu dengan posisi bungkuk, anda bisa memilih sapu lidi yang bergagang. Anda bisa menggunakan kedua tangan anda saat menyapu dengan gagangnya, sehingga lebih mudah untuk menyapu dan anda tidak perlu membungkuk. Untuk merawat sapu lidi tidak sulit, karena memang sapu ini digunakan diluar rumah. Cukup memasukkan kembali lidi-lidi yang terlepas dari ikatan jika sedang menyapu.
Sapu yang terakhir adalah sapu langit-langit, sapu ini digunakan untuk membersihkan langit-langit rumah yang kotor. Sapu ini memiliki gagang yang sangat panjang untuk dapat menjangkau langit-langit. Cara merawat sapu ini sama dengan merawat sap ijuk.

Tips Menyimpan Sapu

Sapu disimpan sesuai dengan fungsi dan bentuknya. Sapu ijuk sebaiknya disimpan di belakang rumah, namun jangan diletakkan di permukaan yang kotor. Sapu ijuk biasanya disimpan bersama pengeruk sampah dan diletakkan di sebelah tempat sampah besar diluar rumah, hal ini dilakukan agar tidak sulit mencari sapu ini ketika ingin digunakan. Sapu langit-langit adalah sapu yang paling panjang, sebaiknya buatkan gantungan pada sisi atas dan bawah sapu ini agar bisa digantung di belakang rumah, sehingga tidak dapat membuat seseorang tersandung.

Salah satu toko yang menjual sapu adalah Oden Houseware

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 komentar:

Posting Komentar