Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Jumat, 28 Juni 2013

Penguat Sinyal Tutup Gelas

Berawal dari sebuah kebutuhan dimana tuntutan pekerjaan yang selalu bergantung pada koneksi internet, sehingga banyak waktu di habiskan untuk mencari cara bagaimana agar bisa menikmati internet murah dengan jaringan yang tetap stabil.
Dari pengalaman pribadi menjelajah, mencari cara bagaimana caranya agar saya bisa menikmati internet murah dengan jaringan yang tetap stabil.
Sampai pada akhirnya sekitar akhir bulan Januari 2012, saya mencoba bereksperimen dengan membuat sendiri pesawat antena untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet.
ANTENA TUTUP GELAS adalah pesawat antena yang saya buat pertama kali dari ide sendiri (mudah2an sebelum saya belum ada yang membuatnya). berawal dari berbagai uji coba membuat berbagai antena yang saya pelajari saat saya browsing, dan semua memakan biaya yang cukup lumayan.
Saya berfikir, pasti ada sesuatu yang bisa saya manfaatkan di rumah untuk dijadikan antena modem. Saya kesana kemari meneliti setiap sudut rumah untuk mencari sesuatu yg bisa saya manfaatkan, dan akhirnya saya melihat sebuah tutup gelas berbahan dasar stainless, dan saat itu juga saya langsung berkata, "ini yang saya butuhkan".
Uji coba pertama saya hanya meletakan tutup gelas tersebut di atas modem, saya lihat indikator conection ternyata ada perubahan pada sinyal bar. Sinyal yang sebelumnya tidak saya dapatkan sama sekali akhirnya muncul walaupun cuma 1-2 bar dengan jenis sinyal EDGE,
kembali saya menelusuri apa yang bisa saya manfaatkan lagi, teringat ada kabel sambungan USB sepanjang 1,5 m, modem saya sambungkan dengan kabel tersebut dan mengikat tutup gelas pada modem dengan tali karet agar tutuo gelas tersebut tidak jatuh, kemudian mencari posisi untuk mendapatkan sinyal, dan kembali mendapatkan hasil, ada peningkatan sinyal yang semula hanya 1 – 2 bar, kini meningkat menjadi 4 – 5 bar, namun masih dengan jenis sinyal EDGE.
Dari hasil uji coba kedua tersebut rasanya belum puas juga, karena saat browsing masih terasa begitu berat, kembali saya mencari sesuatu yang bisa saya manfaatkan. saat sedang menggeledah isi rumah, tiba-tiba mana tertuju pada sebuah  kabel sisa. Kembali otak berbisik “itu yang kamu butuhkan”, ya sebuah kawat tembaga mungkin bisa membantu. kebetulan isi kawat tembaga kabel tersebut lumayan gede (sekitar 1 mili), jadi bisa di bentuk sedemikian rupa.
Uji coba pun kembali di mulai, berbagai bentuk kawat di coba, sampai akhirnya terbentuklah kumparan seperti terlihat pada gambar antena di atas. Saat di uji coba, hasilnya di luar dugaan. Indikator menunjukkan perubahan sinyal yang begitu mengejutkan, saya mendapatkan sinyal UMTS/HSDPA. saya coba untuk browsing, kecepatannya benar-benar dahsyat. kemudian saya coba untuk download, kembali hasilnya benar-benar luar biasa, kecepatan downloadnya mencapai hampir 2 Mbps dan terus meningkat, jauh di atas kecepatan speedy yang saya ketahui selama ini (sekitar max 64kbps). Benar-benar saya bersyukur akhirnya bisa menemukan sebuah Antena yang saya ciptakan sendiri tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Untuk membuatnya sangat mudah sekali.

Pertama anda harus mempersiapkan peralatan dan bahanya antara lain :

 

1 buah tutup gelas tainless
1 buah kabel USB panjang 5 m (atau menyesuaikan)
Kawat Tembaga jangan yang serabut (Boleh bekas kabel), diameternya lebih besar lebih baik yang penting bisa dibentuk
1 Set baud uk 14
Modem GSM/SDMA
Kerangka berbentuk kerucut untuk membuat kumparan
(untuk kerangka sya memakai tank yang bentuk jepitnya lancip)
Cara Membuat:

  • Lepaskan gagang tutup gelas yang ada di tengah sehingga tutup gelas tersebut terbuka lubang tengahnya. (lihat gambar 1)
  • Buat kumparan dari kawat tembaga berbentuk kerucut menggunakan kerangka yang telah dipersiapkan, pada bagian ujung belakangnya dibuat presisi tengah dan menyesuaikan ukuran diameter baud, masukan baud dari dalam kumparan dan ke lubang tutup gelas. (lihat gambar 2)
  • Buat lagi kumaran yang ukurannya menyesuaikan dengan modem anda dan salah satu ujungnya menyesuiakan dengan diameter baud seperti pada kumparan sebelumnya. (lihat gambar 3)
  • Pasang kawat kumparan pada tutup gelas, sebagai as-nya masukkan baut di tengah lubang kumparan 1 terus ke lubang tutup gelas sampai ke lubang kumparan 2, (lihat gambar 4 dan 5)
  • Kemudian tutup ujung baud yang ada dibelakang tutup gelas dengan mur.
  • Pasang dan sambungkan modem anda dengan kabel USB yang telah terpasang pada komputer/laptop anda.
  • Posisikan modem anda di dinding atau dengan menggunakan batang paralon/bambu sebagai dudukan dan ikat / klem supaya tidak jatuh.
  • Silahkan anda cek indikator sinyal modem anda pada komputer/laptop anda. 
  • Jika masih kurang pas, anda tinggal putar2 posisi antena untuk mendapatkan sinyal maksimal.
sumber

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 komentar:

Posting Komentar