Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Senin, 22 Juli 2013

Mengisi Kotak Obat Di Rumah Anda

Obat-obatan merupakan kebutuhan yang perlu juga untuk disiapkan dirumah. Tersedianya kotak P3K di rumah merupakan hal yang penting untuk menghadapi datangnya sakit yang tiba-tiba dan membutuhkan pertolongan segera. Secara sederhana, ada lima macam obat yang penting untuk selalu ada dalam kotak obat di rumah.
1. Penghilang Nyeri dan Panas (Analgesik-Antipiretik)
Obat-obatan jenis ini dapat digunakan untuk mangatasi demam, nyeri otot, nyeri haid, dll. Ada dua jenis obat yaitu oral (diminum) dan topical atau tanpa diminum. Contoh obat oral antara lain: Paracetamol, Aspirin, Ibuprofen, Asam mefenamat, natrium diclofenak, dll. Topikal : kompres demam, natrium diclofenak, balsam, dll.
2. Obat-obat Luka
Bermanfaat jika terjadi luka bakar, lecet karena jatuh, terkena senjata tajam, dll. Adapun macam-macam obatnya antara lain: antiseptic(alcohol, rivanol, betadin), kapas, perban, plester, salep luka (Bioplacenton, Enbatic)
3. Obat Gangguan pencernaan, yaitu diare dan maagh
Diare adalah buang air besar dalam bentuk lembek atau cair lebih dari 3 kali sehari. Inti dari penanganan diare adalah mencegah terjadinya dehidrasi. Penanganan yang perlu dilakukan saat anak diare adalah :
- Minum air putih sebanyak-banyaknya terutama setelah buang air besar
- Tetap berikan ASI
- Berikan makanan cair seperti oralit, jus buah, sup, tajin.
- Berikan makanan dalam porsi sedikit tetapi sering.
Cara pembuatan larutan gula garam/pengganti oralt :
200 ml air matang + 1 sendok makan gula (1M) + 1 sendok teh garam (1T)
Obat-obat yang bisa diberikan antara lain: attapulgit, kaolin-pektin, norit
Norit : 6-9 pil 3-4 kali sehari setiap habis BAB
Kaolin-pektin, attapulgit: 2 tablet sekaligus setiap habis BAB, maksimal 12 tablet sehari.
Maagh disebabkan karena adanyairitasi atau luka pada lambung. Penyebabnya bisa karena makanan, maupun penggunaan obat-obatan. Obat-obatan yang bisa digunakan antara lain antasida seperti Promag, Mylanta,dll.
4. Obat anti alergi
Obat ini digunakan jika muncul tanda-tanda alergi seperti gatal-gatal, kemerahan karena gigitan serangga,makanan, udara dingin, debu, rambut hewan, dll. Obat anti alergi contohnya CTM, difenhidramin, Loratadin, Cetirizin.
5. Obat Obat Flu dan Batuk
Obat untuk batuk dan flu sebaiknya dipilih yang bukan kombinasi, sehingga bisa diminum sesuai dengan gejalanya saja. Contoh, batuk berdahak menggunakan: ambroxol, bromheksin, Guaiafenesin (GG) sedangkan untuk batuk kering menggunakan dextrometorfan, noscapin. Umumnya obat flu batuk yang tersedia di pasaran merupakan kombinasi, sehingga perlu diperhatikan komposisinya. Jika obat tersebut sudah mengandung paracetamol tidak perlu meminumnya terrpisah.
Setelah mengetahui obat-obat apa saja yang perlu disiapkan di rumah, jangan ragu lagi untuk melengkap obat-obat anda di rumah. Hal yang penting untuk dilakukan adalah mengecek tanggal kadaluarsa obat secara rutin dan menggantinya jika telah kadaluarsa.

sumber

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

2 komentar:

  1. beli yang satu paket ada kan kak.?

    BalasHapus
  2. obatku cuma paramex sama ultraflu doang, hhaaa

    BalasHapus