Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Jumat, 26 Juli 2013

Payung Batik Kreasi Sendiri

Untuk melukis motif batik pada payung, bahan dan peralatan yang diperlukan antara lain :
1. Payung
2. Kapas dan rayon
3. Lilin dan rozin
4. Canting
5. Warna
6. Pemati warna dan serbuk soda

Sedangkan peralatan yang diperlukan yaitu :
1. Canting
2. Pensil
3. Berus
4. Bekas warna
5. Dapur
6. Periuk
7. Pemidang
8. Kuali besar
9. Takungan air
10 Penyidai
11. Meja setrika
12. Sterika

Canting yang dibuat dari bahan tembaga dan pegangannya yang dibuat dari kayu. Di ujung depannya mempunyai satu saluran  untuk mengeluarkan lilin cair untuk membuat  corak pada kain. Cara memakai canting yaitu dengan menceduk lilin cair yang panas, berfungsi sebagai pelindung terhadap redapan warna.

Pensil digunakan untuk membuat corak pada kain batik sebelum mencanting. Pelukis akan menghasilkan corak yang berpadu. Bagi pelukis yang mahir, mereka terus melukis corak lilin pada kain tanpa dipadukan dengan lakaran pensil. Namun, bagi pelukis yang menghasilkan batik lukis dengan menggunakan corak yang sama bagi setiap payung, maka terpaksa kain dilakar dahulu dengan lakaran pensil.

Langkah - langkah melukis motif pada payung adalah seperti berikut :

Langkah pertama
Kita membuat rekacorak batik di atas kain payung dengan pensil. Motif boleh dipilih berasaskan tradisional/ethnik, flora fauna, geometrikal, organic, garisan dan ruang, semi abstrak dan lain-lain. Dalam penentuan motif, biasanya tiap orang memiliki selera berbeda-beda. Ada yang lebih suka untuk membuat motif sendiri, namun yang lain lebih memilih untuk mengikuti motif-motif umum yang telah ada. Lebih menyenangkan motif boleh dipilih dari koleksi MasterWan Batik.

Langkah kedua
Menggunakan canting yang telah diisi lilin cair untuk mencorakkan kain. Kepanasan lilin perlu dijaga agar tidak terlalu panas untuk mengelakkan garisan lilin kembang dan sekaligus menghasilkan garisan yang tidak konsisten. Pelukis terpaksa menuangkan semua lilin cair ke dalam berkas lilin sebelum lilin cair itu sejuk. Selanjutnya menciduk lilin lain untuk menjamin aliran lilin cair tersebut dapat digunakan dengan lancar.
   
Langkah ketiga
Mematikan warna. Sodium silicate digunakan sebagai bahannya. Proses ini dilakukan untuk memastikan warna tidak akan luntur apabila dibasuh seterusnya. Ia menj

Langkah keempat
Setelah empat jam direndam kain dalam bahan tersebut, kain tersebut dibasuh dan direbus.  Tujuannya adalah untuk menghilangkan lapisan lilin, sehingga motif yang telah digambar sebelumnya terlihat jelas. Air panas dicampur serbuk soda untuk memudahkan lilin dihilangkan dari kain. Selanjutnya kain tersebut dibasuh sekali lagi dan dibilas.  Paling bagus, batik payung ini dijemur di tempat teduh agar warnanya dapat dijamin ketahan dan kualitasnya.

Akhirnya, jadilah payung batik lukis yang asli. Selain dari batik lukis atau dikenal juga sebagai batik tulis atau batik canting. Nama tersebut terlahir karena corak yang dihasilkan secara free-hand.  Pembuatan batik dengan cara lain adalah seperti batik cap/cop/blok, batik stensil dan tie and dye.

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

2 komentar: