Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Senin, 19 Agustus 2013

Antara Timbangan Digital & Analog

Banyak orang bertanya, manakah yang lebih baik antara timbangan digital atau timbangan analog. Seperti kita ketahui sejak dulu kita mengenal timbangan hanya timbangan analog, contohnya timbangan meja (timbangan kodok), timbangan buah (yang sekarang juga sering dipakai untuk menimbang pakaian pada bisnis laundry), timbangan beras yang besar untuk menimbang beras ukuran kuintal dalam karung-karung, dan masih banyak lagi lainnya jenis timbangan analog.

Pasar Tradisional
Pasar Tradisional (foto: travelphotobug)
Saat ini seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, manusia juga semakin diberi kemudahan saat menggunakan timbangan. Pengertian mudah menggunakan timbangan adalah dapat mengetahui dengan cepat dan akurat nilai berat suatu barang yang ditimbang. Bila dibandingkan antara timbangan digital dengan timbangan analog, tentu timbangan digital jauh memberikan kemudahan untuk penggunanya.
Cepat
Kemudahan pertama yang saya sebutkan tadi adalah soal kecepatan. Anda pernah menimbang telur menggunakan timbangan analog? Atau mungkin pernah melihat penjual telur menimbang? Saya yakin pernah.
Misalnya saja harga telur yang sudah ditentukan oleh penjual adalah Rp. 14.000,-/kg. Kemudian Anda membeli telur dengan berat 1/4 kg. Apa yang terjadi kemudian adalah penjual mulai mencari-cari beberapa telur yang beratnya kira-kira sama dengan 1/4 kg. Ini tidak akan terjadi bila penjual telur menggunakan timbangan digital sebagai alat penimbang berat. Berat yang ditunjukkan dalam layar timbangan akan langsung dapat diperoleh baik oleh penjual maupun pembeli. Bahkan harga yang harus dibayarkan pun juga dapat langsung tertulis disana.
Akurat
Dan tidak jarang pula, hasil timbangan itu tidak akurat karena tidak ditemukan telur-telur yang beratnya sama dengan 1/4 kg. Sehingga penjual akhirnya memberikan harga yang tidak tepat juga.
Bila dibandingkan dengan timbangan analog, timbangan digital jauh lebih akurat. Karena seiring dengan usia timbangan analog yang terbuat dari bahan besi atau baja, pada bagian tertentu akan mengalami aus. Ini yang membuat hasil timbangan semakin hari semakin tidak akurat.
Akibat dari timbangan yang tidak akurat bukan saja dapat menyebabkan kerugian untuk pembelinya, bisa saja penjual juga mengalami kerugian karena timbangan yang tidak akurat.
Itu tadi sekilas tentang manakah yang lebih baik antara timbangan digital atau timbangan analog. Dan kesimpulan saya adalah, timbangan digital lebih baik dari timbangan analog.

sumber

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 komentar:

Posting Komentar