Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Kamis, 02 Januari 2014

Mengenal Beberapa Alat Masak (kompor, panci, wajan, dan blender)

Bagi kaum wanita, pengetahuan akan alat-alat masak sangatlah penting. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan, kaum wanita dituntut untuk bisa memasak. Oleh karena itulah, kaum wanita juga harus mengetahui jenis peralatan masak dan fungsinya.
Lalu, apa saja peralatan memasak yang dimaksud? Berikut ini adalah penjelasan beberapa peralatan memasak.

Kompor
Kegiatan memasak tidak mungkin bisa dilakukan, jika tidak ada kompor. Bila didefinisikan, kompor merupakan alat masak yang bisa menghasilkan energi panas. Energi panas inilah yang membuat masakan menjadi matang.
Namun tahukah Anda, kompor terbagi ke dalam beberapa jenis. Mulai dari kompor minyak, kompor listrik, sampai dengan kompor gas. Awalnya, masayarakat Indonesia sebagian besar menggunakan kompor minyak.
Akan tetapi, dengan adanya program pemerintah yang memberikan kompor gas dan tabung LPG secara massal maka masyarakat kini beralhi menggunakan kompor gas. Mengapa demikian?
Penggunaan kompor minyak saat ini memang sudah jarang ditemui. Hal ini disebabkan, kompor minyak memerlukan minyak tanah sebagai bahan bakarnya. Padahal dalam kenyataannya, saat ini Indonesia mengalami kelangkaan minyak tanah. Oleh karena itulah, pemerintah memberikan penyuluhan kepada masayarakat untuk menggunakan kompor gas.
Penyuluhan dilakukan dengan cara memberikan kompor gas dengan tabung gas 3 kg secara gratis kepada masyarakat kecil. Di samping itu, pemerintah juga gencar memberikan penyuluhan terkait cara penggunaan kompor gas.
Seperti yang sudah banyak diketahui, pemberitaan televisi penuh dengan topik meledaknya gas lpg 3 kg. Hal ini menyebabkan, timbul kekhawatiran dalam diri masyarakat untuk menggunakan kompor gas. Bahkan, ada sebagian masyarakat yang lebih memilih untuk memasak dengan tungku dibandingkan kompor gas.
Ya, faktor keamanan sampai saat ini masih menjadi permasalah yang belum bisa diatasi pemerintah sampai tuntas. Pada umumnya, penyebab dari ledakan kompor gas adalah kebocaran dari tabung. Oleh karena itulah, perlu tingkat kewaspadaan yang tinggi untuk memastikan tabung aman.

Panci
Alat masak lainnya yang harus diketahui oleh kaum wanita adalah panci. Panci merupakan alat masak yang fungsinya untuk merebus makanan. Seiring berjalannya waktu, inovasi akan alat memasak ini semakin berkembang pesat. Begitu pula halnya dengan panci.
Salah satu inovasi yang dimaksud adalah panci presto. Ya, kini panci presto sudah mulai digunakan di Indonesia. Penggunanya bukan hanya para pengusaha kuliner atau rumah makan, melainkan juga ibu-ibu rumah tangga.
Bagi Anda yang menginginkan masak dengan praktis dan cepat, panci presto adalah jawabannya. Dengan menggunakan panci presto, kegiatan memasak juga lebih mudah dan efisien. Lalu, apa kelebihan panci presto dibandingkan dengan panci biasa?
Keunggulan panci presto adalah memiliki kemampuan untuk mengubah bahan makanan menjadi empuk dalam waktu singkat. Bahkan untuk daging sekalipun akan lunak sampai ke tulangnya. Begitu pula dengan ikan, akan lunak sampai ke bagian duri.

Wajan
Wajan merupakan alat masak lainnya yang perlu diketahui oleh kaum wanita. Kini wajan hadir dengan banyak model dan harga. Harga wajan biasanya disesuaikan dengan bahan pembuatnya. Oleh karena itulah, kecerdasan dalam memilih wajan yang baik untuk memasak harus dimiliki oleh setiap wanita.
Lalu, apa fungsi wajan? Kegunaan utama wajan adalah sebagai alat memasak untuk menumis dan menggoreng. Di antara jenis wajan lainnya, wajan dengan bahan baja dianggap paling baik untuk menumis. Mengapa demikian?
Penggunaan wakan berbahan baja lebih tahan lama dibandingkan jenis lainnya. Hal ini disebabkan, wajan berbahan baja tidak mudah lengket dan berkarat. Di samping itu, wajan jenis ini sifatnya mudah menghantarkan pans. Dengan begitu, masakan akan lebih cepat matang secara merata.
Di samping kelebihannya, wajan berbahan baja juga memiliki kekurangan. Kekurangan dari wajan jenis ini adalah agak sulit dalam membersihkannya. Selain itu, wajan berbahan baja ini memiliki ukuran yang terbilang cukup besar, sehingga tidak praktis untuk digunakan sehari-hari. Apapun kekurangannya, tetap saja wajan berbahan besi ini diminati masyarakat.

Blender
Alat memasak lainnya adalah belender. Ya, blender merupakan salah satu jenis alat yang diperlukan saat proses memasak. Blender dilengkapi dengan komponen pengiris yang berbentuk pisau bermata empat.
Seperti yang diketahui, terkadang dalam proses memasak membutuhkan blender untuk menghaluskan bahan makanan. Misalkan untuk membuat sambel. Meskipun masih ada yang menggunakan ulekan untuk menghaluskan bahan-bahan masakan, namun banyak juga ibu-iobu yang menggunakan blender untuk membantu menghaluskan bahan masakannya.
Dengan menggunakan blender, bahan-bahan akan cepat halus. Caranya juga mudah, hanya tinggal memasukkan bahan-bahan yang akan dihaluskan kemudian tekan tombol on. Setelah itu, hanya butuh waktu beberapa menit dan bahan-bahan tersebut halus secara sempurna.
Penggunaan blender tentu saja semakin memudahkan kaum wanita dalam aktivitas memasak. Di samping lebih mudah, penggunaan blender juga menghemat waktu dan membantu para ibu untuk membuat masakan menjaid lebih cepat.
Nah, sekarang sudah tahu kan beragam alat-alat masak. Mulai dari kompor, wajan, panci, sampai dengan blender. Sebenarnya masih banyak lagi peralatan yang digunakan dalam memasak, seperti mixer, microwave, oven, dan masih banyak lagi.
Demikianlah artikel seputar alat-alat masak. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat bagi para pembaca.

sumber

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 komentar:

Posting Komentar