Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Kamis, 20 Februari 2014

Tips memilih rantang sesuai kebutuhan

Saat akan berkumpul dengan saudara ataupun ketika menjelang hari raya, banyak di antara kita yang membawa makanan. Makanan bisa dimasukkan ke dalam rantang atau kemasan susun dengan pengikat dan pegangan. Bisa terbuat dari logam, baja tahan karat, plastik yang memang diperbolehkan untuk menyimpan makanan, dan lain sebagainya.

Memilih jenis kemasan atau rantang ini tidaklah mudah. “Susah-susah gampang bila dikaitkan dengan keamanan makanan. Karena pemilihan jenis rantang ini akan bergantung pada jenis makanan yang akan diwadahi,” kata DR. Yadi Haryadi, MSc.

Yang perlu dicermati, bila akan mewadahi bahan pangan cair, panas, dan berminyak, sebaiknya pilih rantang yang terbuat dari baja tahan karat bermutu tinggi. Menurut DR. Yadi dari IPB, dikarenakan pada setiap bahan yang bersinggungan dengan makanan mungkin saja meloloskan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan ke dalam makanan yang diwadahi. Wadah dari baja tahan karat dipilih karena termasuk bahan yang tidak meloloskan bahan berbahaya.

Kemudian perlu diwaspadai bila logam berlapis dari lapisan rantang yang akan digunakan untuk wadah antaran sudah terkelupas dan membuat logam, bagian yang akan mengalami kontak dengan makanan, terlihat. Kalau sudah terkelupas, wadah tersebut sebaiknya tidak digunakan untuk mewadahi makanan cair atau semi cair, terlebih bila makanannya panas dan berminyak. Lebih baik ganti dengan rantang yang terbuat dari baja tahan karat.

sumber

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 komentar:

Posting Komentar