Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Senin, 29 Oktober 2012

Mengenal sejarah sumpit dan cara penggunaannya

Sumpit merupakan salah satu alat makan yang berasal dari Asia Timur, berbentuk dua batang sama panjang yang dipegang di antara jari-jari salah satu tangan. Sumpit biasa digunakan untuk menjepit dan memindahkan makanan dari wadah ke wadah lain, atau memasukkan makanan ke dalam mulut. Sumpit terbuat dari beberapa bahan seperti bambu, logam, gading dan plastik yang permukaannya sudah dihaluskan atau dilapisi dengan pernis atau cat supaya tidak melukai mulut dan terlihat bagus.
Berikut contoh jenis sumpit gading yang tersedia di Oden Houseware :



Sumpit biasanya digunakan di banyak negara di seluruh dunia untuk menikmati makanan khas Asia Timur. Di beberapa negara Asia Tenggara, sumpit merupakan alat makan utama yang sama pentingnya seperti sendok dan garpu. Di Indonesia sendiri, pilihan sendok-garpu atau sumpit disediakan di rumah makan yang menyediakan masakan Tionghoa, Korea, Jepang, Vietnam, Thailand hingga penjual bakso atau mi pangsit di pinggir jalan.

Sejarah sumpit :

Sumpit diciptakan bangsa Tiongkok dan sudah dikenal di Tiongkok sejak 3.000 hingga 5.000 tahun yang lalu. Di dalam masyarakat Tionghoa, makan bersama dianggap sebagai sarana mempererat tali persaudaraan dan kesempatan berkumpul dengan sanak keluarga dan teman-teman, sehingga penggunaan alat makan yang tajam harus dihindari. Pada zaman dulu, gading gajah sering digunakan untuk membuat sumpit mahal di Tiongkok. Pengguna sumpit dari gading gajah adalah kalangan pejabat tinggi dan orang berada. Sumpit dari perak pernah digunakan istana kaisar di Tiongkok untuk mendeteksi racun yang mungkin dibubuhkan pada makanan. Sumpit akan berubah warna akibat reaksi kimia jika makanan telah diberi racun. Pada abad ke-6 atau abad ke-8 Masehi, sumpit sudah merupakan alat makan yang umum bagi suku Uigur yang tinggal wilayah stepa Mongolia. Di Thailand, sumpit hanya digunakan untuk makan mie dan sup setelah Raja Rama V memperkenalkan alat makan dari barat di abad ke-19.

Cara penggunaan sumpit :

1. Sumpit bisa dipegang dengan tangan kiri atau tangan kanan tergantung pada kebiasaan orang.
2. Batang sumpit pertama dipegang seperti memegang pensil yang dijepit di antara ibu jari, telunjuk, dan jari tengah.
3. Batang sumpit kedua diletakkan di antara jari tengah dan jari manis.
4. Pastikan kedua batang sumpit dalam keadaan sejajar.
5. Posisi kedua batang sumpit bisa dianggap benar jika bisa batang sumpit pertama bisa melakukan gerakan ke atas dan ke bawah secara berulang-ulang, sementara batang sumpit kedua dalam keadaan diam.

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

1 komentar:

  1. sampe skrng msh ngga bisa pake sumpit, ujung2nya ttp harus dibantu sendok-garpu ^_^

    BalasHapus