Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Jumat, 04 Januari 2013

Jadikan panci yang awet

Sebelum saya memberikan info mengenai tips merawat wajan dan panci, alangkah baiknya jika anda berkunjung terlebih dahulu ke Oden houseware untuk melihat beragam peralatan dapur yang ada disana.

Tips merawat panci dan wajan :
1. Setelah dipakai untuk memasak, baik wajan ataupun panci jangan langsung disiram air dingin karena hal ini akan mempengaruhi bahan. Jika terlalu sering dilakukan, bagian dasar panci ataupun wajan bisa peyang/miring.
2. Selalu pakai alat masak yang terbuat dari kayu atau plastik apabila kita memakai panci teflon.
3. Untuk merawat bagian dasar panci teflon supaya lebih awet dan mudah dibersihkan, sebelum digunakan, olesi terlebih dahulu dengan krim pembersih tipis-tipis saja.
4. Telenan yang terbuat dari kayu lebih baik daripada dari plastik. Bakteri yang ada di telenen kayu (yang sedang dipakai) akan mati apabila telenan tsb kita diamkan selama 3 menit. Sedangkan dengan telenan plastik (juga yang bekas dipakai), bakteria akan tumbuh berkembang biak terlebih bila telenan kita diamkan semalaman.
5. Apabila panci atau wajan kita yang terbuat dari aluminium ada keraknya (makanan melekat saat dimasak gosong), untuk menghilangkan kerak tsb, bisa dicoba cara berikut:
- Belah bawang bombay jadi 2 bagian, masukkan ke dalam panci/wajan.            
- Lalu beri air seckupnya sampai bawang terendam lalu didihkan. Kerak akan terangkat dengan sendirinya.
6. Cara menghilangkan lemak/minyak pada wajan dan panci dengan mudah yaitu dengan merendam wajan dan panci dalam air panas yang sudah diberi beberapa sendok makan baking soda.
7. Menyimpan wajan dan panci teflon ada seninya sendiri supaya lapisan teflonnya tidak mudah terkelupas. Yaitu, beri lapisan serbet kertas (kitchen towel) di antara wajan-wajan tersebut. Jika tidak ada serbet kertas, bisa memakai bubble wrap atau kertas koran.

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 komentar:

Posting Komentar