Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Kamis, 10 Januari 2013

Perawatan khusus pada pisau

Pisau adalah alat yang tidak dapat dipisahkan dari dapur. Alat yang berhubungan langsung dengan bahan makanan tersebut harus diperhatikan dari segi keawetan dengan cara perawatan yang benar. Pisau yang awet akan tetap tajam dan tidak mdah rusak. Tentu saja hal ini akan membuat anda lebih mudah memasak dan menghemat anggaran untuk membeli pisau yang baru. Cara-cara untuk menjaga pisau dapur agar tetap awet dan tidak mudah rusak diantaranya adalah sebagai berikut:


  1. Hindari memotong benda yang keras. Memotong benda keras akan membuat pisau menjadi bengkok atau menyebabkan cacat pada mata pisau. Cacat pada mata pisau akan menghasilkan pemotongan bahan makanan menjadi tidak sempurna. Selain itu rusaknya mata pisau membaut pisau menjadi tumpul dan sulit digunakan untuk memotong bahan makanan.
  2. Mencuci pisau dengan segera. Ini harus dilakukan dengan segera, terutama saat memotong bahan makanan yang mengandung asam. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya karat pada pisau anda yang jelas sekali berbahan logam. Pisau yang berkarat sangat berbahaya jika digunakan. Karat yang menempel pada makanan yang dipotong akan ikut masuk ke dalam tubuh kita dapat dapat mengganggu kesehatan. Mencuci dengan segera serta mengelap hingga kering dapat menghindari hal ini.
  3. Simpan pisau di tempat yang aman. Pisau dapat ditempatkan pada knife holder. Jika tidak memiliki knife holder, anda dapat menyimpan pisau di laci lemari yang tertutup sehingga jauh dari jangkauan anak-anak. Selain berbahaya untuk keselamatan anak-anak, pisau yang terlalu banyak terekspos udara menjadi mudah berkarat.
  4. Cara menyimpan pisau yang aman adalah dengan mengamankan bagian yang runcing. Hal ini sangat penting, utamakan untuk tidak meletakkan pisau sembarangan dengan cara menggantung dengan ujung runcing dibawah. Jangan pula meletakkan pisau begitu saja diatas meja dan tempat lain di dapur anda. Lebih baik segera menyimpan pisau dapur pada tempatnya setelah tidak digunakan.
  5. Hal lain yang terpenting adalah melakukan perawatan pisau dengan menggunakan pisau yang sesuai dengan bahan makanan yang anda potong atau sesuai dengan fungsinya masing-masing. Anda dapat menggunakan pisau sesuai dengan jenisnya, sehingga tidak memaksakan satu jenis pisau yang bukan fungsinya. Contohnya adalah penggunaan pisau roti digunakan untuk memotong kue atau roti. Jangan pergunakan pisau roti untuk memotong daging dan sayuran. Jika anda melakukannya, anda hanya akan merusak pisau tersebut karena memang pisau itu tidak didesain melakukan tugas berat semacam itu.
Penggunaan pisau sesuai dengan jenisnya tidak hanya membuat pisau anda semakin awet, namun juga membuat hasil masakan anda rapi. Sebagai contoh adalah pisau roti dipaksa untuk memotong daging dan sayuran, tentu hasilnya tidak akan baik bahkan cenderung berantakan dan potongannya tidak rapi. Lain halnya jika anda menggunakan pisau yang sesuai, yakni pisau chef, maka potongan daging dan sayuran anda akan menjadi lebih baik.
Itulah beberapa tips merawat pisau dapur yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi anda.
Oden Houseware

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 komentar:

Posting Komentar