Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Sabtu, 09 Maret 2013

Nampan dalam Tradisi Makan Jepang


JEPANG adalah salah satu negara paling maju di dunia. Namun dengan kemajuan yang didapatnya, masyarakat Jepang masih mempertahankan ritual makan tradisional yang bernama Kaiseki dan tradisi makan modern yang bernama Honzen.
Kaiseki merupakan bagian dari upacara minum teh di setiap tahunnya. Makanan disajikan dalam nampan berisi semangkok nasi, semangkok sup, sepiring makanan dan sepasang sumpit untuk masing-masing tamu. Tamu dan tuan rumah saling menundukkan separuh badannya sebagai tanda hormat dan menandakan mereka sudah siap makan.
Tamu membuka mangkok nasi dan sup, penutupnya diletakkan di sebelah kanan nampan. Setelah makan nasi selesai, biasanya diteruskan pada hidangan laut dan acar. Bila semua sudah selesai, itu pertanda tradisi makan kaiseki sudah selesai dan dilanjutkan dengan perbincangan.
Honzen dilakukan secara resmi dan disajikan pada malam hari dan biasanya dilakukan di sebuah restoran Jepang. Makanan disajikan di atas dua meja. Nampan di atas meja kecil berisi ikan panggang. Di meja agak besar diisi nasi, sup, sayuran rebus atau sashimi yang disajikan bersama ikan dan acar. Biasanya dilengkapi dengan sake.

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 komentar:

Posting Komentar