Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Jumat, 05 April 2013

Cetakan agar yang biasa, menjadikan agar-agar yang luar biasa

Gak ada resep disini, bikin agar-agar sesuai dengan petunjuk dibelakang sachet. Tapi lama-lama kok anakku bosen dengan agar-agar biasa, walau sudah dicetak dalam banyak bentuk. Anak-anak sekarang memang cepat bosan.

Suatu hari saat ada keponakan-keponakan pada nginep dirumah aku tanya:
"Om mau bikin ager-ager nih, ada strawberry ama grape, mau rasa apa?"
"Strawberry!!"
"Grape!!"

Wah bingung, pada punya pilihan sendiri-sendiri. Setelah dipikir-pikir, buat aja deh dua-duanya dan bikin jadi satu agar-agar yang menarik. Jadilah agar-agar 3 lapis yang pertama waktu itu.

3 Lapis? Bukannya cuma 2 rasa tadi?
Well, untuk lapisan ke-3 itu adalah rasa lapisan pertama dikasih susu, hehehe... Simple kan?

Kalau dari gambar percobaan pertama warna strawberrynya kurang nonjol, kalo yang diatas jello susunya malah gak keliatan (karena paling bawah).

Cara bikinnya? Nah kalo ini butuh bahan-bahan:

2 sachet agar-agar beda rasa
1 cangkir susu putih.
2 cetakan agar /kue
1 baskom
2 plastik es batu (beli di warung).

Note: Jumlah plastik es bisa lebih, tergantung besar baskom.

Masak kedua agar dalam 2 panci yang berbeda (ya biar gak nyampur lah rasanya) dengan interval 5 menit setelah yang pertama mulai dimasak. Pecahkan esbatu dan tebarkan dalam baskom, tambahkan garam satu sendok pada es, dan air jika perlu. Taruh cetakan agar /kue dalamnya. Tuangkan warna pertama kedalam cetakan sebanyak 1/3, dan 1/3 pada cetakan kedua, lalu tambahkan susu pada sisa 1/3 dalam panci.

Biarkan es mendinginkan agar-agar dalam cetakan, tak perlu menunggu terlalu lama (keburu yang di panci keras nanti), yang penting sudah gak begitu cair kalo di towel pake jari. Lalu masukkan sisa 1/3 yang sudah dicampur susu secara merata ke kedua cetakan.


Jika konsistensi pertama sudah rada keras, masukkan agar-agar warna kedua, diikuti dengan warna ketiga (agar-agar pertama plus susu) setelah konsistensi agar-agar lapisan kedua sudah mengeras. secara merata ke kedua cetakan. Dinginkan dalam lemari es selama 30 menit dan agar-agar 3 lapis siap dihidangkan.

Jika anda mau, tambahkan buah-buahan dalam agar-agar sesuai selera. Hidangkan dengan fla, eskrim, atau cukup dihidangkan begitu saja. Warnanya akan membuat anak-anak bersemangat.

Selamat mencoba!

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 komentar:

Posting Komentar