Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Selasa, 04 Juni 2013

Fakta Penting Tentang Sikat Gigi

Sikat gigi ternyata tidak bisa dianggap sepele, ada hal-hal yang harus kita perhatikan. Yuk kita bahas supaya anak kita tertarik untuk sikat gigi dan yang penting, bisa membersihkan giginya dengan baik dan benar.

  1. Ajarkan menyikat gigi dengan cara yang benar sedini mungkin
  2. Pilihlah sikat gigi yang benar untuk anak kita. Bulu sikat sebaiknya rata dan lembut. Kepala sikat berbentuk kecil sehingga bisa menjangkau sebelah dalam daerah pipi dalam. Gagang sikat lurus atau tidak terlalu rumit dan sikat gigi yang bulu sikatnya sudah rusak wajib segera diganti.
  3. Sikat gigi secara teratur yaitu dua kali sehari; pagi sehabis sarapan dan malam sebelum tidur”
  4. Menggunakan pasta gigi yang baik (less or no detergent dan mengandung fluoride). Lebih baik memilih pasta gigi khusus untuk anak supaya aman bila tertelan (tapi bukan sengaja untuk dimakan yah)
  5. Sikatlah gigi dengan cara yang benar dan sebaiknya menyikat gigi di depan cermin. Sebelum dan sesudah meyikat gigi, sikatnya harus dicuci dulu di bawah air mengalir (tidak boleh mencuci sikat dengan mencelupkannya ke dalam gelas kumur). Pada saat menyikat gigi, lakukanlah dengan gerakkan diputar dan tanamkan prinsip bahwa semua kotoran gigi harus dibersihkan (dengan menyikat dan membersihkan semua permukaan gigi). Jangan lupa juga untuk membersihkan permukaan dalam gigi.
  6. Jangan lupa untuk membersikan/menyikat halus lidah.
  7. Penggunaan sikat gigi secara individual, artinya satu orang = satu sikat gigi
  8. Agar anak tertarik menggosok gigi, boleh diberikan berbagai macam rasa odol atau dengan sikat gigi yang lucu-lucu asalkan masih sesuai dengan standard sikat gigi yang baik. Ajaklah sikat gigi bersama, untuk membangun ketertarikannya, bisa dibacakan buku atau menonton DVD yang menceritakan tentang gigi supaya tertanam rasa sayang pada giginya.
  9. Anak dibawah 7 tahun tetap harus dibantu/diawasi ketika menggosok gigi.
  10. Ada sikat gigi elektrik (baik yang menggunakan baterai maupun yang bisa di charge). Membersihkan gigi dengan menggunakan sikat gigi elektrik akan lebih bersih dibandingkan secara manual (asal dilakukan dengan cara yang benar). Tetapi, anak tetap harus diajarkan untuk menggunakan sikat gigi manual secara dini, agar motoriknya terlatih.
Sikat yang berkualitas hanya ada di Oden Houseware

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 komentar:

Posting Komentar